Skip to main content

Jeruk Nipis (Citrus aurantiifolia (Cristm.) Swingle)

Tanaman Citrus aurantifolia (Cristm.) Swingle dikenal di pulau Sumatra dengan nama Kelangsa (Aceh), di pulau Jawa dikenal dengan nama jeruk nipis (Sunda) dan jeruk pecel (Jawa), di pulau Kalimantan dikenal dengan nama lemau nepi, di pulau Sulawesi dengan nama lemo ape, lemo kapasa (Bugis) dan lemo kadasa (Makasar), di Maluku dengan naman puhat em nepi (Buru), ahusi hisni, aupfisis (Seram), inta, lemonepis, ausinepsis, usinepese (Ambon) dan Wanabeudu (Halmahera) sedangkan di Nusa tenggara disebut jeruk alit, kapulungan, lemo (Bali), dangaceta (Bima), mudutelong (Flores), mudakenelo (Solor) dan delomakii (Rote).

Secara lebih rinci, berikut adalah klasifikasi, morfologi, serta manfaat dari tanaman jeruk nipis.

A. Klasifikasi

Kingdom
Plantae (Tumbuhan)
Sub Kingdom
Tracheobinta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi
Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi
Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas   
Dicotyledonae
Ordo    
Rutales
Famili
Rutaceae
Genus  
Citrus
Spesies
Citrus aurantiifolia (Cristm.) Swingle

B. Morfologi
1. Batang
Tingginya sekitar 0,5-3,5 m. Batang pohonnya berkayu ulet, berduri, dan keras. Sedang permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam.
2. Daun
Daunnya majemuk, berbentuk ellips dengan pangkal membulat, ujung tumpul, dan tepi beringgit. Panjang daunnya mencapai 2,5-9 cm dan lebarnya 2-5 cm. Sedangkan tulang daunnya menyirip dengan tangkai bersayap, hijau dan lebar 5-25 mm.
3. Bunga
Bunganya berukuran majemuk/tunggal yang tumbuh di ketiak daun atau di ujung batang dengan diameter 1,5-2,5 cm. kelopak bungan berbentuk seperti mangkok berbagi 4-5 dengan diameter 0,4-0,7 cm berwama putih kekuningan dan tangkai putik silindris putih kekuningan. Daun mahkota berjumlah 4-5, berbentuk bulat telur atau lanset dengan panjang 0,7-1,25 cm dan lebar 0,25-0,5 cm berwarna putih
4. Akar
Tanaman jeruk nipis mempunyai akar tunggang.
5. Buah
Tanaman jeruk nipis pada umur 2 1/2 tahun sudah mulai berbuah. Buahnya berbentuk bulat sebesar bola pingpong dengan diameter 3,5-5 cm berwarna (kulit luar) hijau atau kekuning-kuningan

C. Manfaat
1. Mendorong rasa haus
The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan seseorang yang rutin meminum air perasan jeruk nipis akan mendorongnya lebih banyak meminum air. Pada akhirnya, kebutuhan cairan untuk tubuhnya pun otomatis akan terpenuhi atau lebih dari cukup.
2. Menurunkan berat badan
Karena seseorang akan terdorong lebih banyak minum air setelah minum air perasan jeruk nipis, makan akan memiliki pola makan yang jauh lebih baik. Sebuah studi di Nutritional Epidemiology menyatakan orang yang minum lebih banyak air pasti memiliki pola makan bagus karena ia menghindari minuman manis. Artinya, ia juga mengurangi jumlah gula dan lemak yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Sehingga air perasan jeruk nipis juga efektif membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badannya karena pola makan yang lebih teratur.
3. Pencernaan lancar
Dengan minum air perasan jeruk nipis setiap pagi juga dapat membantu seseorang mengatasi masalah pencernaan, seperti kesulitan buang air besar (BAB). Sebab, asamnya jeruk nipis membantu air liur memecahkan makanan dan merangsang sekresi pencernaan di perut.
4. Meningkatkan kualitas kulit
Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang banyak terkandung di produk kosmetik. Karena itu, dengan minum air perasan lemon secara rutin sudah pasti akan menjaga dan meningkatkan penampilan kulit secara alami dan sehat.
5. Menghindarkan dari kanker dan jantung
Sebuah studi di Medicine (Baltimore) tahun 2015 menyatakan manfaat jeruk nipis berkaitan pula dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, salah satunya kanker kerongkongan. Selain itu, kandungan magnesium dan kalium dalam jeruk nipis juga membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Karena, kandungan kaliumnya dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Selebihnya, jeruk nipis juga mampu mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh yang menyebabkan masalah jantung.

Comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Zebrakraut (Tradescantia zebrina)

Tradescantia zebrina adalah tanaman asli Meksiko, Amerika Tengah dan Kolombia, tetapi juga dapat ditemukan dari Belize ke El Salvador dan Panama, serta di pulau-pulau Karibia. Ia dinaturalisasi di beberapa bagian Asia, Afrika, Australia, Amerika Selatan, dan berbagai pulau samudera. Tanaman ini tumbuh dalam rumpun di lahan basah dan hutan hujan, sering di atas batu di daerah teduh dan terbuka atau di tepi sungai di ketinggian 2.000 meter atau lebih rendah, tetapi terutama di ketinggian lebih rendah. Tanaman ini tidak tahan beku dan karenanya disimpan di musim dingin sebagai tanaman hias (biasanya tanaman gantung). Secara lebih rinci, berikut adalah klasifikasi dan morfologi dari tanaman paku sarang burung . . A. Klasifikasi Kingdom Plantae  (Tumbuhan) Ordo     Commelicales Famili Commeli ceae Genus   Tradescantia Spesies Tradescantia zebrina B. Morfologi  1 . Daun Dau

Rumput Kucai (Allium Odorum L.)

Tanaman ini berasal dari dataran Asia. Rumput kucai mini banyak ditanam karena ia bisa tumbuh di lahan yang tidak terkena sinar matahari cukup, misalnya di bawah pohon atau bagian yang tertutup bayangan gedung yang tinggi. Walaupun begitu, bila diberi sinar matahari yang cukup, rumput kucai mini bisa tumbuh lebih baik. Rumput kucai mini berwarna hijau gelap dan tingginya maksimal mencapai 4 cm saja. Jika menanam rumput kucai mini, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, tanaman ini bisa bertahan dalam berbagai cuaca, baik saat panas atau hujan. Agar tanaman bisa terlihat lebih cantik, Anda bisa memadupadankan tanaman rumput kucai mini dengan bromelia atau jenis bonsai. Secara lebih rinci, berikut adalah klasifikasi, morfologi, dan manfaat dari tanaman rumput kucai. . A. Klasifikasi Kingdom Plantae (Tumbuhan) Sub Kingdom Tracheobinta (Tumbuhan berpembuluh) Divisi Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas    

Pisang Kalatea (Calathea lutea)

Pisang kalatea merupakan jenis pisang hias yang bisa dipergunakan untuk penanaman pot atau penanaman area taman. Pisang kalatea lebih sering digunakan untuk konsep tanaman tropis. Pisang kalatea merupakan jenis pisang hias yang memiliki daun berbentuk lebar. Pisang hias ini sering dipergunakan di sudut taman. Pisang ini juga dapat di tanam di pinggiran pagar yang dapat mengubah kesan kaku pagar menjadi sedap untuk dipandang. Secara lebih rinci, berikut adalah klasifikasi, morfologi, dan perawatan dari tanaman pisang kalatea . . A. Klasifikasi Kingdom Plantae  (Tumbuhan) Sub Kingdom Tracheobinta   (Tumbuhan berpembuluh ) Super Divisi Spermato phyta  (Menghasilkan biji) Divisi Magnoli ophyta  (Tumbuhan berbunga ) Kelas     Li liopsida (Berkeping satu/monokotil) Sub Kelas Commelinidae Ordo     Zingiberales Famili Marantacea