Skip to main content

Pisang Kalatea (Calathea lutea)


Pisang kalatea merupakan jenis pisang hias yang bisa dipergunakan untuk penanaman pot atau penanaman area taman. Pisang kalatea lebih sering digunakan untuk konsep tanaman tropis. Pisang kalatea merupakan jenis pisang hias yang memiliki daun berbentuk lebar. Pisang hias ini sering dipergunakan di sudut taman. Pisang ini juga dapat di tanam di pinggiran pagar yang dapat mengubah kesan kaku pagar menjadi sedap untuk dipandang.

Secara lebih rinci, berikut adalah klasifikasi, morfologi, dan perawatan dari tanaman pisang kalatea.
.
A. Klasifikasi

Kingdom
Plantae (Tumbuhan)
Sub Kingdom
Tracheobinta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi
Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi
Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas   
Liliopsida (Berkeping satu/monokotil)
Sub Kelas
Commelinidae
Ordo    
Zingiberales
Famili
Marantaceae
Genus  
Calathea
Spesies
Calathea lutea

B. Morfologi 
Tanaman Pisang kalatea ini memiliki daun hijau berbentuk oval besar dan menarik, anggun ketika dipegang.  Dengan tangkai panjang yang memberi tanaman ini penampilan yang sangat tropis. Daunnya berlipat dengan latar belakang lilin yang indah, yang membuat bagian bawah daun terlihat berwarna perak. Dapat mencapai hampir 1 m panjang dan lebar sekitar 40-50cm. Bentuk daunnya memang sangat mirip seperti daun pisang. Bunganya menakjubkan, meski tidak begitu cantik menurut kebanyakan orang. Bagian ini tampak terbuat dari lilin berwarna cokelat kemerahan. Berbentuk bulat kecil itu bersarang dan saling tumpang tindih, menghasilkan susunan panjang berbentuk cerutu. Jadi calathea lutea ini sering juga disebut Cerutu Kuba.

C. Perawatan
Untuk penanamannya, harus mengambil anakannya dari induk calathea lutea yang sehat. Media yang digunakan pun sebaiknya menggunakan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang, sekam bakar, serta cocopeat atau serbuk kelapa yang berasal dari kulit kelapa yang sudah tua. Baru setelah itu anakan calathea ditanam ke dalam pot.
Untuk pemeliharaannya pun cukup mudah. Hanya perlu melakukan penyiraman setiap hari dengan sedikit air. Pemupukannya pun bisa dilakukan 6 bulan sekali, sekaligus untuk mengganti media tanam dengan yang baru. Agar bunga calathea lebih hijau dan bagus, ada baiknya di berikan NPK atau pupuk buatan yang mengandung berbagai unsur hara, nitrogen dan fosfor biasanya NPK berbentuk cair atau padat.
Agar tidak mudah mati, harus rutin memangkas batangnya apabila terlihat salah satu batangnya mati. Selain itu, apabila terlihat berdebu, daunnya bisa Anda lap, lalu usahakan untuk penyimpanan tanaman ini di dalam ruangan yang dekat dengan jendela atau kaca. Secara rutin, setiap satu bulan sekali cobalah keluarkan tanaman indoor calathea Anda untuk dijemur di bawah sinar matahari pagi, dan ketika matahari sudah agak terik, masukkan kembali ke dalam ruangan.

Comments

Popular posts from this blog

Zebrakraut (Tradescantia zebrina)

Tradescantia zebrina adalah tanaman asli Meksiko, Amerika Tengah dan Kolombia, tetapi juga dapat ditemukan dari Belize ke El Salvador dan Panama, serta di pulau-pulau Karibia. Ia dinaturalisasi di beberapa bagian Asia, Afrika, Australia, Amerika Selatan, dan berbagai pulau samudera. Tanaman ini tumbuh dalam rumpun di lahan basah dan hutan hujan, sering di atas batu di daerah teduh dan terbuka atau di tepi sungai di ketinggian 2.000 meter atau lebih rendah, tetapi terutama di ketinggian lebih rendah. Tanaman ini tidak tahan beku dan karenanya disimpan di musim dingin sebagai tanaman hias (biasanya tanaman gantung). Secara lebih rinci, berikut adalah klasifikasi dan morfologi dari tanaman paku sarang burung . . A. Klasifikasi Kingdom Plantae  (Tumbuhan) Ordo     Commelicales Famili Commeli ceae Genus   Tradescantia Spesies Tradescantia zebrina B. Morfologi  1 . Daun Dau

Rumput Kucai (Allium Odorum L.)

Tanaman ini berasal dari dataran Asia. Rumput kucai mini banyak ditanam karena ia bisa tumbuh di lahan yang tidak terkena sinar matahari cukup, misalnya di bawah pohon atau bagian yang tertutup bayangan gedung yang tinggi. Walaupun begitu, bila diberi sinar matahari yang cukup, rumput kucai mini bisa tumbuh lebih baik. Rumput kucai mini berwarna hijau gelap dan tingginya maksimal mencapai 4 cm saja. Jika menanam rumput kucai mini, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, tanaman ini bisa bertahan dalam berbagai cuaca, baik saat panas atau hujan. Agar tanaman bisa terlihat lebih cantik, Anda bisa memadupadankan tanaman rumput kucai mini dengan bromelia atau jenis bonsai. Secara lebih rinci, berikut adalah klasifikasi, morfologi, dan manfaat dari tanaman rumput kucai. . A. Klasifikasi Kingdom Plantae (Tumbuhan) Sub Kingdom Tracheobinta (Tumbuhan berpembuluh) Divisi Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas