Skip to main content

Swedish Ivy (Plectranthus verticillatus)


Tanaman ivy sekarang ini dikenal menjadi tanaman yang merambat pada dinding dan pohon. Umumnya digunakan untuk hiasi dinding pagar supaya terlihat lebih hijau serta melindungi tembok supaya masih awet. Tetapi umumnya orang yang menanam tidak ketahui manfaat daun ivy begitu menopang dalam penyembuhan sebagian penyakit. Beberapa manfaat tanaman ivy untuk kesehatan bisa kurangi peradangan, mengobati sesak nafas, serta percepat penyembuhan. Diluar itu juga diakui bisa mendinginkan perut, meningkatkan sistim kekebalan badan dan menyembuhkan kulit.
Tanaman ini dikenal dengan sebutan English Ivy, nama latin tanaman yaitu Hedera Helix, genus Apiaceae. Sekitar 15 jenis Hedera tumbuh serta berkembang di semua wilayah Eropa, Afrika, Asia Utara serta Pasifik. Menurut penyembuhan tradisional dari Eropa hingga Asia Timur, daun ivy adalah warisan yang digunakan menjadi obat selama ribuan tahun. Daunnya dapat dikonsumsi serta dioleskan, ada juga ramuan berupa ekstrak dari daun untuk suplemen serta pengobatan dalam tubuh.

Secara lebih rinci, berikut adalah klasifikasi, morfologi, dan manfaat dari tanaman swedish ivy.
.
A. Klasifikasi

Kingdom
Plantae (Tumbuhan)
Ordo    
Lamiales
Famili
Lamiaceae
Genus  
Plectranthus
Spesies
Plectranthus verticillatus

B. Morfologi
Tanaman ini memiliki daun aromatik yang mengkilap, hijau, bulat, yang kadang-kadang menunjukkan warna ungu tua di bagian tengah dan cenderung jejak. Ungu tua ini juga dapat ditemukan di batang tanaman dan di bagian bawah daun. Rasem yang tegak tampa k putih, ungu pucat, atau merah muda pucat dan dapat tumbuh sporadis sepanjang tahun.

C. Manfaat
1. Ekstrak daun Ivy digunakan sebagai bahan pembuatan obat batuk. Bermanfaat sebagai ekspektoran untuk mengobati batuk berdahak dan bronkitis.
2. Menurut John Gerard, seorang herbalis Inggris tahun 1597, infusa daun ivy bermanfaat sebagai obat pencuci mata yang sakit.
3. Mengandung anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengobati radang sendi, encok, atau rematik. Anti-inflamasi juga berkhasiat untuk meredakan nyeri akibat luka atau operasi dengan cara dioleskan.
4. Detoks alami, ramuan daun ivy dapat membantu sistem organ berfungsi lebih baik dengan cara melepaskan racun dari tubuh. Sehingga memurnikan darah dan mengurangi ketegangan antara fungsi hati dan kandung empedu.
5. Anti bakteri dapat mengurangi rasa sakit dan potensi infeksi luka bakar pada kulit.
6. Senyawa saponin dapat membantu mengobati iritasi penyakit psoriasis, eksim, jerawat, dan penyakit kulit lainnya.
7. Kandungan ekspektoran sangat efektif untuk mengobati sesak nafas, asma, infeksi saluran pernafasan dan pembengkakan (Penyakit Paru Obstruktif Kronik).
8. Mengandung antioksidan yang dapat mencegah penyebaran dan perkembangan penyakit kanker dan penyakit kronis. Dapat menghilangkan radikal bebas dan mencegah mutasi dan apoptosis.
9. Khasiat daun ivy juga memiliki zat anthelmintik, antiparasit, dan antibakteri. Sehingga dapat digunakan untuk mengatasi cacing, parasit, bakteri merugikan yang hidup didalam usus.
10. Menurut penelitian NASA, tanaman English Ivy adalah salah satu dari 10 pemurni udara. Tanaman ini bisa membersihkan udara dari toksin benzena, formaldehida, xilena, toulene.

Comments

Popular posts from this blog

Zebrakraut (Tradescantia zebrina)

Tradescantia zebrina adalah tanaman asli Meksiko, Amerika Tengah dan Kolombia, tetapi juga dapat ditemukan dari Belize ke El Salvador dan Panama, serta di pulau-pulau Karibia. Ia dinaturalisasi di beberapa bagian Asia, Afrika, Australia, Amerika Selatan, dan berbagai pulau samudera. Tanaman ini tumbuh dalam rumpun di lahan basah dan hutan hujan, sering di atas batu di daerah teduh dan terbuka atau di tepi sungai di ketinggian 2.000 meter atau lebih rendah, tetapi terutama di ketinggian lebih rendah. Tanaman ini tidak tahan beku dan karenanya disimpan di musim dingin sebagai tanaman hias (biasanya tanaman gantung). Secara lebih rinci, berikut adalah klasifikasi dan morfologi dari tanaman paku sarang burung . . A. Klasifikasi Kingdom Plantae  (Tumbuhan) Ordo     Commelicales Famili Commeli ceae Genus   Tradescantia Spesies Tradescantia zebrina B. Morfologi  1 . Daun Dau

Rumput Kucai (Allium Odorum L.)

Tanaman ini berasal dari dataran Asia. Rumput kucai mini banyak ditanam karena ia bisa tumbuh di lahan yang tidak terkena sinar matahari cukup, misalnya di bawah pohon atau bagian yang tertutup bayangan gedung yang tinggi. Walaupun begitu, bila diberi sinar matahari yang cukup, rumput kucai mini bisa tumbuh lebih baik. Rumput kucai mini berwarna hijau gelap dan tingginya maksimal mencapai 4 cm saja. Jika menanam rumput kucai mini, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, tanaman ini bisa bertahan dalam berbagai cuaca, baik saat panas atau hujan. Agar tanaman bisa terlihat lebih cantik, Anda bisa memadupadankan tanaman rumput kucai mini dengan bromelia atau jenis bonsai. Secara lebih rinci, berikut adalah klasifikasi, morfologi, dan manfaat dari tanaman rumput kucai. . A. Klasifikasi Kingdom Plantae (Tumbuhan) Sub Kingdom Tracheobinta (Tumbuhan berpembuluh) Divisi Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas    

Pisang Kalatea (Calathea lutea)

Pisang kalatea merupakan jenis pisang hias yang bisa dipergunakan untuk penanaman pot atau penanaman area taman. Pisang kalatea lebih sering digunakan untuk konsep tanaman tropis. Pisang kalatea merupakan jenis pisang hias yang memiliki daun berbentuk lebar. Pisang hias ini sering dipergunakan di sudut taman. Pisang ini juga dapat di tanam di pinggiran pagar yang dapat mengubah kesan kaku pagar menjadi sedap untuk dipandang. Secara lebih rinci, berikut adalah klasifikasi, morfologi, dan perawatan dari tanaman pisang kalatea . . A. Klasifikasi Kingdom Plantae  (Tumbuhan) Sub Kingdom Tracheobinta   (Tumbuhan berpembuluh ) Super Divisi Spermato phyta  (Menghasilkan biji) Divisi Magnoli ophyta  (Tumbuhan berbunga ) Kelas     Li liopsida (Berkeping satu/monokotil) Sub Kelas Commelinidae Ordo     Zingiberales Famili Marantacea